Apakah Aku Anak CERDAS...?
Setelah membuat postingan tentang Ciri-ciri guru yang baik, sekarang mau bahas tentang ciri-ciri anak yang cerdas, sebelumnya apa itu CERDAS..?
hayo....anak-anak..ada yang tau ga....? (hem...teringat jadi guru)
Kata CERDAS dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia 2001 memiliki arti sebagai berikut :
Kata CERDAS dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia 2001 memiliki arti sebagai berikut :
cer·das a 1 sempurna perkembangan akal budinya (untuk berpikir, mengerti, dsb); tajam pikiran: 2 sempurna pertumbuhan tubuhnya (sehat, kuat).
men·cer·das·kan v mengusahakan dsb supaya sempurna akal budinya;
Menurut definisi dalam kamus Oxford, padanan kata CERDAS yaitu, kata ‘intelegent’ didefinisikan; good at learning, understanding and thinking in a logical way about things; showing this ability. Sedangkan dalam kamus Thesaurus, sbb : Having or showing intelligence, often of a high order Padanan kata yang lain, yaitu kata ‘shrewd’ menurut definisi Thesaurus : Having or showing a clever awareness and resourcefulness in practical matters.
Sedangkan dalam Bahasa Jepang, kata CERDAS dapat diterjemahkan sebagai
‘chinou ga takai’ =知能が高い. Kata chinou berasal dari dua huruf, yaitu chi
yang berarti pengetahuan (knowledge) dan kata nou yang berarti wisdom,
wit atau skill. Jadi bisa dikatakan bahwa terjemahan bebas kata cerdas
dalam Bahasa Jepang adalah pengetahuan, kebijaksanaan, perkataan, dan
keahlian yang tinggi.
Arti atau definisi CERDAS di atas tidak ada yang salah dan tidak ada
yang paling benar. Jadi bagaimana dung....?? Anda boleh membuat arti
sendiri tidak ada yang larang.
Ok.,..... Sekarang perhatikan ciri-ciri anak cerdas berikut; apakah kita
ada salah satu diantara ciri berikut atau kita memiliki semuanya;
1. Mempertahankan Informasi,
Anak yang cerdas benar-benar mempertahankan
berbagai informasi dan mampu
mengingatnya dilain waktu.
2. Memiliki Ketertarikan Luas,
mengingatnya dilain waktu.
2. Memiliki Ketertarikan Luas,
Anak cerdas menampilkan minat dalam
berbagai topik. Mereka mungkin suka dengan
dinosaurus dalam satu bulan, ruang angkasa bulan berikutnya, dan seterusnya.
3. Menulis dan Membaca Lebih Awal,
dinosaurus dalam satu bulan, ruang angkasa bulan berikutnya, dan seterusnya.
3. Menulis dan Membaca Lebih Awal,
Jika anak adalah seseorang yang cerdas , dia mungkin dapat membaca dan menulis
sangat dini dan tanpa pengajaran formal.
4. Berbakat di Bidang Musik atau Seni,
sangat dini dan tanpa pengajaran formal.
4. Berbakat di Bidang Musik atau Seni,
Anak yang menampilkan bakat luar
biasa untuk musik dan seni sering dianggap pintar. Anak yang dapat
menggambar, bernyanyi dengan sempurna, atau menampilkan bentuk persepsi
seni yang tinggi lainnya biasanya masuk dalam kategori anak cerdas.
5. Menunjukkan Waktu Konsentrasi Intens,
5. Menunjukkan Waktu Konsentrasi Intens,
Anak tidak begitu identik
dengan rentang perhatian yang panjang, tapi anak cerdas mampu memiliki waktu lebih konsentrasi intens.
6. Memiliki Ingatan Baik,
6. Memiliki Ingatan Baik,
Beberapa anak cerdas mampu mengingat hal-hal
sewaktu mereka lebih kecil. Misalnya, anak berumur dua tahun mungkin
ingat dan membawa kembali kejadian ketika dia berusia 18 bulan.
7. Memiliki Kosakata Tinggi,
7. Memiliki Kosakata Tinggi,
Seorang anak yang terlalu dini untuk
berbicara bukan saja merupakan tanda kecerdasan, tapi jika anak anda
berbicara menggunakan kosakata yang lebih maju dan kalimat-kalimat, maka
dia mungkin memang sepintar yang anda bayangkan. Menurut NAGC, "Anak
pada usia dua tahun membuat kalimat seperti: 'Ada anjing.' Anak dua
tahun yang cerdas mungkin akan berkata, 'Ada seekor anjing di belakang
rumah dan ia mengendus bunga.'"
8. Memperhatikan Detil,
8. Memperhatikan Detil,
Anak cerdas memiliki mata tajam untuk detil.
Anak yang lebih tua mungkin ingin tahu rincian spesifik tentang
bagaimana segala sesuatu bekerja, sedangkan anak yang lebih muda akan
dapat menaruh kembali mainan persis di mana ia mendapatkannya atau
memperhatikan jika sesuatu telah dipindahkan dari tempat biasa.
9. Bertindak sebagai Kritikus Sendiri,
9. Bertindak sebagai Kritikus Sendiri,
Pada umumnya anak tidak terlalu
khawatir tentang diri mereka sendiri atau orang lain, kecuali teman
mereka memiliki sesuatu yang mereka inginkan. Sebaliknya, anak cerdas
prihatin dengan orang lain, tapi yang paling penting diri mereka
sendiri.
10. Memahami Konsep Kompleks,
10. Memahami Konsep Kompleks,
Anak yang sangat cerdas memiliki kemampuan
untuk memahami konsep yang kompleks,
memahami hubungan, dan berpikir
abstrak. Mereka mampu memahami masalah secara
mendalam dan berpikir
tentang solusi.
Nah..... bagaimana apakah Anda memiliki
kretiria yang telah disebutkan diatas sewaktu kecil. kalau Anda tidak
ingat masa kecil dulu/ masa anak-anak dulu berarti anda tidak termasuk
ke dalam salah satu point diatas yaitu point no. 6. he.....he...he...